Penyakit Amandel

Penyakit amandel adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada permukaan selaput lendir. Jika sudah parah dapat menyerang dan merusak jaringan amandel. Penyebab amandel adalah basil fusifomis dan basil spirlia yang memicu terjadinya peradangan atau pembengkakan pada tonsil. Penderita amandel akan mengalami gejala sebagai berikut :

Penyakit Amandel

Penyakit Amandel


  • Pusing-pusing
  • Demam dengan suhu nada tinggi sekitar 41◦C
  • Mengalami nyeri pada tenggorokan dan kelenjar gondok
  • Terasa sakit tenggorokan ketika menelan makanan atau minuman
  • Badan terasa lemah

AMANDEL

Amandel adalah benteng pertahanan tubuh yang berfungsi sebagai pengontrol masuknya kuman ke dalam tubuh. Apabila amandel bekerja terlalu berat akan terjadi peradangan. Pekerjaan amandel akan bertambah berat jika di dalam tubuh menumpuk sisa-sisa makanan akiba terlalu banyak mengonsumsi makanan anorganik.

Mengoperasi amandel bukanlah jalan terbaik karena akan menghilangkan fungsi amandel. Bahkan, ada ahli yang mengatakan dan menyamakan operasi amandel sama dengan mengebiri orang. Oleh karena itu, jika tidak terpaksa, jangan buang amandel anda.

Penyakit amandel sebenarnya dapat dihindari dan dicegah dengan cara mengatur pola makan yang sehat dan seimbang serta menghindari konsumsi pajanan makanan yang banyak mengandung gula tambahan, garam berlebih dan makanan yang kebanyakan dengan cara digoreng. Selain itu, menghindari minuman dan makanan dingin seperti es krim, makanan yang diawetkan, soft drink dan berbagai panganan yang tidkak sehat. Untuk menghindari dan menjaga fungsi amandel tetap baik, cobalah mengganti pola pengolahan makanan, misalnya mengolah beberapa jenis makanan dengan direbus, konsumsi sayur-mayur dan jus buah-buahan segar, istirahat yang cukup dan mengurangi makanan yang mengandung bahan pengwet dan penyedap.

Beberapa penderita amandel ada yang mengalami demam di malam hari, terutama ketika menjelang tidur malam, secara tiba-tiba nafas menjadi sulit, suhu tubuh panas, sulit untuk menelan makanan, serasa oksigen atau udara tertahan di dalam tenggorokan, sakit kepala.

CARA MENGOBATI AMANDEL

Beberapa diantaranya, mereka yang menderita penyakit amandel yang cukup lama dan kronis memilih jalan dengan operasi amandel. Namun, operasi amandel bukanlah jalan terbaik untuk mengobati amandel. Bahkan beberapa diantaranya ada yang melakukan operasi amandel sebanyak 2-3 kali dalam kurun waktu satu tahun. Sebenarnya, operasi jalan tidak harus dilakukan, pengobatan dan pencegahan amandel dapat dilakukan dengan cara mengatur kedisiplinan pola hidup dan pola makan, penyakit amandel dapat dihindari.

Cara mengobati penyakit amandel tergantung dari penyebab amandel. Dalam menentukan apa penyebab pasti dari penyakit amandel biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan tes rapid strep atau melakukan throat swab culture. Dari kedua jenis tes ini dilakukan dengan cara mengambil contoh dari apusan bagian belakang tenggorokan atau amandel dengan cara mengambilnya menggunakan kapas yang lembut. Dan setelah itu laboratorium akan menentukan apa penyebab jelas dari penyakit amandel.

Jika suatu tes menunjukkan bahwa radang amandel disebabkan karena infeksi bakteri, maka cara mengobati amandel dilakukan dengan memberikan obat antibiotik. Obat antibiotik ini bisa diberikan ke dalam satu kali shoot atau 10 hari lewat mulut. Walaupun gejala amandel akan mengalami perbaikan dalam waktu 2-3 hari setelah melakukan pengobatan obat antibiotik, sangat penting untuk menghabiskan minum semua obat yang diresepkan oleh dokter dalam memastikan bahwa bakteri tersebut sudah benar-benar hilang. Bahkan pada beberapa orang biasanya juga harus menebus resep kedua untuk membantu mengobati penyakit amandel. Namun, jika penyebab dari penyakit amandel diakibatkan karena serangan infeksi virus, maka obat antibiotik tidak berguna sama sekali, namun tubuh Anda bisa melawan infeksi yang terjadi itu sendiri. Sementara itu, untuk membuatnya menjadi lebih baik, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yakni adalah :

  1. Mendapatkan waktu istirahat yang cukup
  2. Minumlah air hangat atau juga air yang sangat dingin dalam membantu meringankan dan meredakan sakit tenggorokan
  3. Makanlah makanan yang sangat lunak atau halus
  4. Anda bisa menggunakan alat cool mist vaporizer atau humidifier pada ruangan Anda.
  5. Anda bisa berkumur-kumur menggunakan air garam tang hangat
  6. Hisaplah lozenges yang mengandung kandungan benzokain atau juga pemati rasa lainnya.
  7. Konsumsilah obat untuk membantu menghilangkan rasa sakit misalnya adalah seperti acetominophen atau juga obat ibuprofen dengan resep dokter yang biasanya sudah termasuk di dalamnya.

Tonsilektomi atau operasi amandel dilakukan jika mendapatkan indikasi tertentu. Tujuan ini dilakukan untuk melakukan pembedahan yang tepat sesuai dengan sasaran. Namun tidak semua kasus amandel yang mengalami pembesaran harus segera dibuang dan juga harus segera diangkat. Namun, bisa saja amandel yang tidak terlalu besar harus tetap dibedah dan diangkat akibat adanya suatu komplikasi tertentu yang terjadi.

Penyakit Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Penyakit Amandel and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.