Penyakit Amandel Pada Anak

Penyakit amandel pada anak merupakan penyakit yang sangat umum disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Penyakit yang sering menyerang anak-anak ini ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, dan rasa nyeri saat menelan. Selain itu, jika anak memebuka mulut akan terlihat tonsil yang membesar dan memerah. Untuk anak dengan penyakit amandel sebaiknya menghindari minum air dingin dan bersoda usahakan minum air hangat sesering mungkin.

Penyakit Amandel Pada Anak

Penyakit Amandel Pada Anak

PENYAKIT AMANDEL

Infeksi pada amandel juga dapa menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Amandel sebenarnya sanugat berfungsi pada anak usia 4-10 tahun karena ia merupakan baguan dari pertahanan tubuh. Terutama pernapasan bagian atas.

Penyakit Amandel Pada Anak yang sudah tidak berfungsi lagi akan menjadi tempat berkumpulnya kuman sehingga menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Berdasarkan waktu berlangsungnya, amandel dan infeksi amandel bisa berlangsung lama sesuai dengan kondisi dan besarnya amandel yang diderita. Jika kondisi amandel dan ukuran amandel sudah akut dapat berlangsung hingga 3 minggu dan kondisi tersebut infeksi bisa mencapai 7 kali lipat setiap tahun atau 10 kali dalam 2 tahun atau 3 kali dalam 1 tahun selama 3 tahun berturut-turut.

Beberapa orang tua mungkin melakukan suatu tindakan operasi amandel untuk mengeluarkan tonjolan amandel yang diderita anak. Namun, tindakan operasi ini tidaklah selalu berhasil dan efektif menjamin amandel tidak akan timbul kembali selama atau dalam beberapa waktu tertentu.

Penyakit amandel yang terjadi pada anak lebih sering disebabkan oleh adanya bakteri dan beberapa virus yang menyebabakn timbulnya amandel disertai gejala amandel yang tak menyenangkan. Beberapa virsu dan bakteri yang bisa mengakibatkan penyakit amandel pada anak adalh virus Eipstein-Bar yang menyebabkan timbulnya mononucleosis dan virus streptococcus pyogenes yang dapat menyebabkan radang tenggorokan.

PENYEBAB AMANDEL

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab amandel dan saat ini yang perlu kita lakukan adalah mengurangi dan menghilangkan potensi dari penyakit radang amandel adalah :

  1. Hal pertama Anda harus mencari tahu penyebab amandel dan hindarilah jenis makanan yang tidak steril atau makanan yang tidak bersih. Hal ini merupakan hal yang sering dilupakan oleh orangtua dalam memberikan makanan untuk anak mereka sehingga pada beberapa kasus pada penyakit amandel yang dialami oleh anak-anak dibawah usia remaja. Maka sebab itulah, jika Anda mempunyai anak yang mengalami masalah penyakit amandel, Anda harus menjauhi mereka mengonsumsi jenis makanan yang tidak higienis yang banyak dijual di luar sekolah yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit amandel, dan larang mereka untuk makan makanan yang kurang baik tadi.
  2. Hal kedua, hindarilah kebiasaan untuk minum-minuman yang dingin dan juga minuman yang mengandung gula yang tinggi yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit amandel. Oleh sebab itulah, jika Anda mempunyai suatu kebiasaan untuk minum-minuman yang sangat manis dan mengandung gula mulailah kurangi kebiasaan buruk Anda tersebut.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa salah satu bakteri yang menyebabkan penyakit amandel adalah Streptokokus beta hemolitikus grup A dan Heemophylus influenza yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit influenza. Oleh sebab itulah, yang paling baik adalah Anda harus menghindari jenis makanan dan juga minuman serta aktivitas yang bisa menjadi penyebab datangnya virus-virus tersebut masuk ke dalam tubuh.

MENCEGAH PENYAKIT AMANDEL

Dalam mencegah penyakit amandel adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat, selain itu memasak makanan dengan sendiri dan minum air putih dengan cukup sebanyak 2 liter dalam sehari, menghindari jenis makanan dan juga minuman yang banyak dijual diemperan harus dijauhi.

Penyakit radang amandel pada anak jika tidak ditangani akan menimbulkan suatu komplikasi misalnya adalah seperti terjadinya infeksi yang menimbulkan sakit telinga dan juga penyakit sinus, abses dan juga mengalami bisul pada tenggorokan sehingga hal terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan operasi untuk membantu mengeluarkan nanah sehingga gangguan dari pertumbuhan yang terjadi pada anak.

Untuk mencegah anak-anak bisa terhindar dari penyakit amandel, maka orangtua harus waspada jangan sampai anak-anak yang mudah terpapar oleh virus serta bakteri. Penyebab lainnya adalah karena sistem kekebalan tubuh yang rendah, anak akan mengalami infeksi penyakit amandel dengan lebih mudah. Namun, jika infeksi terjadi dengan berulang maka Anda harus bisa menekan sistem pertahanan tubuh.

Komplikasi lainnya yang terjadi akibat penyakit amandel pada anak adalah infeksi saluran napas. Jika sering mengalami infeksi seperti ini maka amandel akan membesar dan bisa membengkak yang akan membuat saluran napas menjadi terhambat. Untuk mencegah anak terhindar dari kasus ini dengan berulang, maka caranya adalah menjalani pola hidup yang sehat, hindarilah anak dari orang-orang yang sedang menderita flu, batuk, dan selalu mengajari mereka cuci tangan sebelum makan.

Penyakit Amandel Pada Anak


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Penyakit Amandel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *