Penyakit Amandel dan Pengobatannya

Penyakit Amandel dan Pengobatannya – Untuk mengobati penyakit amandel dapat tidak perlu melakukan operasi pembedahan atau pengangkatan amandel. Karena amandel sesungguhnya masih dapat berfungsi dengan baik tanpa harus diobati dengan operasi amandel yang menelan biaya yang cukup mahal.

Penyakit Amandel dan Pengobatannya

Penyakit Amandel dan Pengobatannya

Amandel merupakan jaringan kelenjar di limfoid yang terletak di antara rongga tenggorokan yang berfungsi sebagai penyaring kuman, infeksi dan bakteri. Dalam sebuah penelitian, amandel atau dalam bahasa kedokteran yang disebut dengan tonsil ini memiliki fungsi sebagai penghasil imunoglobulin A. Imunoglobulin A inilah yang membuat jaringan lokal tahan terhadap kuman-kuman penyakit.

PENYAKIT AMANDEL

Penyakit amandel yang akut ditandai dengan gejala sakit tenggorokan yang ringan hingga menjadi parah, sakit saat menelan makanan dan terkadang muntah. Amandel menjadi bengkak, panas, gatal, nyeri badan, lemah, demam, sakit kepala dan sakit pada telinga. Pada amandel kronis serangan terjadi secara berulang-ulang, amandel kelihatna membesar, merah dan terjadi abses (berbintik-bintik nanah). Pembesaran tonsil bisa sangt besar sehingga tonsil kiri dan kanan saling bertemu dan dapat mengganggu pernapasan.

CARA MENGOBATI AMANDEL

Penyakit Amandel dan Pengobatannya dapat dilakukan perawatan terhadap amandel dengan cara :

  1. Banyak minum air putih dan sari buah, terutama selama demam
  2. Jangan minum es, sirop, makanan dan minuman yang didinginkan, gorengan, makanan awetan yang diasinkan dan manisan
  3. Berkumur dengan air garam hangat sebanyak 3 kali sehari
  4. Kompres hangat leher setiap hari
  5. Biasanya, amandel kronis dengan pembengkakan amandel yang terlalu besar mengakibatkan terganggunya pernapasan sehingga memerlukan operasi amandel

Selain dengan pencegahan dan perawatan amandel. Penyakit amandel juga dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami ramuan tradisional :

Resep 1 Penyakit Amandel dan Pengobatannya dengan jus jeruk

Bahan yang diperlukan untuk resep pengobatan penyakit amandel dengan jus jeruk :

– 1 buah jus jeruk

Cara pembuatan resep pengobatan penyakit amandel dengan jus jeruk

– Jeruk dipotong melintang dan diperas, lalu air perasan diminum. Sebelum ditelan, air jeruk digunakan untuk berkumur dengan menengadah dan mulut dibuka sambil bernpasa lewat mulut, sehingga air jeruk menyentuh amandel yang meradang.

Resep 2 Penyakit Amandel dan Pengobatannya dengan jus nanas

Bahan yang diperlukan untuk pengobatan penyakit amandel dengan jus nanas

– Buah nanas di potong-potong 100 gram dan air matang 1/ 4 gelas.

Cara membuat resep pengobatan penyakit amandel dengan jus nanas

– Nanas dan air di blender sampai halus lalu diminum seperti minum jus jeruk di atas.

Resep 3 Penyakit Amandel dan Pengobatannya dengan jus jambu biji

Bahan yang diperlukan untuk pengobatan penyakit amandel dengan jus jambu biji

– Jambu biji 100 gram dan air matang secukupnya

Cara membuat resep pengobatan penyakit amandel dengan jus jambu biji

– Jambu biji dipotong-potong dan dibuang bijinya. Selanjutnya di blender bersama air matang sampai halus dan diminum seperti jus jeruk dan nanas.

Cara mencegah penyakit amandel dilakukan dengan berbagai cara misalnya adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak yang tinggi, makanan yang mengandung MSG tinggi, dan minuman yang dingin. Sebaiknya sebelum makan, Anda mencuci tangan terlebih dahulu selama 20 detik dengan menggunakan sabun. Hindarilah pemakaian alat makan bersamaan dengan penderita penyakit amandel, misalnya adalah seperti piring, sendok, gelas, handuk, selimut, dan juga peralatan lainnya.

Cara mengobati penyakit amandel adalah dengan menggunakan obat-obatan alami misalnya adalah dengan menggunakan terapi jus. Anda bisa membuat jus wortel dan juga jus bayam yang masing-masing dibuat dengan setengah gelas. Minumlah kedua jenis dari jus tadi diminum di pagi dan siang hari. Di sore harinya kembali minumlah jus wortel setengah gelas, kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan minum jus seledri sebanyak setengah gelas dan diakhiri dengan cara minum jus bayam sebanyak sepertiga gelas. Di malam harinya Anda minum jus wortel sebanyak 1 gelas penuh. Lakukanlah cara ini selama beberapa hari sampai penyakit amandel sembuh.

CARA MENCEGAH AMANDEL

Cara menghindari amandel adalah dengan :

  1. Jika Anda sangat menyukai cemilan, maka gantilah cemilan Anda dengan menggunakan buah. Buah mengandung banyak vitamin dan juga membantu mencukupi kebutuhan serat di dalam tubuh.
  2. Aturlah jadwal menu makanan Anda, misalnya adalah dengan mencantumkan masakan yang mengandung santan sebulan sekali saja, dan menu masakan goregan seminggu dua kali saja.
  3. Jagalah kebersihan rumah Anda, agar tidak terlalu berdebu sehingga bisa mengurangi terjadinya suatu kemungkinan debu bisa masuk ke dalam mulut serta kerongkongan Anda.
  4. Minumlah air putih biasa jangan terlalu dingin karena air dingin ini bisa merangsang pembesaran pada amandel.

Penyakit Amandel dan Pengobatannya


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Penyakit Amandel and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *