Gejala Penyakit Amandel

Gejala penyakit amandel biasanya menyebabkan sesak nafas bagi penderitanya, kemudian timbul rasa nyeri saat menelan, serta rasa nyeri pada seluruh tubuh. Penyakit amandel adalah gangguan pembengkakan pada amandel yang disebabkan oleh virus. Amandel sendiri sesungguhnya berfungsi menghambat masuknya kuman-kuman melalui mulut, hidung dan tenggorokan ke dalam tubuh. Umumnya amandel terjadi pada anak-anak.

Gejala Penyakit Amandel

Gejala Penyakit Amandel

GEJALA PENYAKIT AMANDEL

Gejala penyakit amandel lebih sering menyerang pada anak-anak yang ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, dan rasa nyeri saat menelan. Selain itu, jika anak membuka mulut akan terlihat tonsil yang membesar dan memerah. Untuk anak dengan radang amandel sebaiknya menghindari minum air dingin dan bersoda usahakan minum air hangat sesering mungkin.

Gejala penyakit amandel yang paling mencolok adalah kesulitan dalam menelan makanan akibat amandel yang meradang dan membengkak serta memblokir jalannya udara atau oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Kesulitan menelan ini menyebabkan penurunan nafsu makan menghilang yang mengakibatkan penurunan berat badan dan melemahnya tubuh. Gejala amandel yang kronis akan menyebabkan peradangan pada tenggorokan dan kondisi semakin parah hingga rasa nyeri dapat dirasakan hingga ke bagian saraf telinga akibat penyakti amandel.

FUNGSI AMANDEL

Dalam keadaan yang normal, virus dan bakteri yang masuk melalui hidung dan mulut akan disaring dengan oleh amandel. Namun, akibat penyaringan virus dan bakteri disaring amandel, amandel mulai mengalami penurunan fungsi kerja, dampak negatif yang terjadi adalah timbul peradangan dan pembengkakan amandel yang cukup serius, kemudian infeksi pada amandel yang menjalar hingga nyeri terasa di tenggorokan akan menyebabkan peradangan di daerah faring.

Bila Gejala Penyakit Amandel yang dirasa semakin parah dan keadaan semakin memburuk dapat menyebabkan terjadinya komplikasi pada infeksi sekunder di telingan bagian tengah dan timbulnya gejala sinusitis. Gejala amandel juga dapat memburuk, jika sering mengonsumsi makanan atau minuman dingin yang menyebabkan amandel semakin membengkak. Bakteri dan virus penyebab amandel ini akan membuat pertumbuhan jaringan baru.

Virus dan bakteri yang menyebabkan amandel yang paling umum dan banyak terjadi adalah virus Epstein-Barr dan virus Coxsackie dan virus atau bakteri yang paling umum pada penyakit amandel adalah streptokokus A.

CARA MENCEGAH PENYAKIT AMANDEL

Cara mencegah penyakit amandel secara alami adalah :

  1. Mengatur jadwal makanan Anda, sebaiknya cantumkanlah menu masakan yang mengandung santan untuk dimakan sebulan sekali saja. Dan makanan seperti gorengan dimakan 2 kali dalam seminggu.
  2. Sebaiknya jagalah kebersihan rumah agar tidak dalam keadaan berdebu sehingga untuk mengurangi dari terjadinya kemungkinan debu bisa masuk ke dalam mulut dan juga kerongkongan Anda.
  3. Minumlah air es yang segar, namun sebaiknya jangan jadikan ini sebagai suatu kebiasaan. Akan jauh lebih baik lagi jika Anda minum air putih biasa yang tidak dingin. Karena dari rasa dingin ini akan merangsang dari amandel atau tonsil yang mengalami pembesaran dan pada akhirnya menyebabkan terjadinya peradangan.
  4. Waspadai jika si anak tiba-tiba badannya panas. Cepatlah untuk langsung mengompres dan memberikan obat penurun panas. Selanjutnya, sebaiknya bawalah anak ke dokter untuk bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Siapa tahu, suhu tubuh yang panas disebabkan karena gejala peradangan.

CARA MENGOBATI AMANDEL

Cara mengobati amandel secara alami adalah dengan menggunakan bahan alami salah satunya adalah mengkudu.
Bahan : 3 sendok makan air perasan mengkudu, 1 sendok teh air perasan jeruk nipis, 1 sendok teh air perasan kunyit, 1 sendok makan madu murni, dan 3 sendok makan air matang.

Cara membuat ramuan ini adalah :

Campurkan semua bahan kemudian aduklah sampai merata. Setelah itu ambillah 2 sendok makan dan setelah itu campurkanlah bahan-bahan tadi, kemudian dicampurkan dengan menggunakan ½ gelas air yang matang dan aduklah sampai merata. Setelah ramuan siap, maka ramuan ini siap untuk diminum.

Cara minumnya adalah :

Konsumsilah ramuan obat amandel ini 3 kali dalam sehari dan diminum setelah makan. Sebaiknya usahakan untuk minum selama seminggu berturut-turut. Namun jika masih belum sembuh, maka Anda bisa membuat ulang kembali ramuan obat tersebut. Sebaiknya minumkanlah kembali ramuan tersebut sesuai dengan waktunya. yakni adalah 3 kali dalam sehari dan diminum sesudah makan.

Cara meredakan pembengkakan amandel dengan melakukan cara alami dibawah ini :

  1. Berkumur-kumur dengan menggunakan air hangat yang sudah terlebih dahulu diberi garam sebanyak 1 ½ sendok makan 2 kali sehari. Fungsi dari obat alami amandel ini adalah untuk membantu membersihkan kuman yang ada di dalam tenggorokan.
  2. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan selain itu makanlah sayuran yang mengandung serat tinggi dan nutrisi yang tinggi serta kandungan vitamin yang seimbang. Selain itu, jangan mengonsumsi makanan atau minuman dingin, gorengan, makanan yang mengandung lemak tinggi, merokok, dan makanan kaleng serta makanan yang pedas.

Gejala Penyakit Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Penyakit Amandel and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *